Friday, July 21, 2017

Inilah 7 Cara Menghapus Jejak Digital di Google

Rivaldi48
Apa kalian tahu kalau Google bisa sampai sesukses sekarang ini? Itu semua karena kita loh! Raksasa internet ini bisa mengembangkan beragam produk dan layanan yang bermanfaat karena mengumpulkan semua informasi tentang kita sebagai pengguna setianya.
Walaupun begitu, dengan data tersebut, Google selalu menciptakan sesuatu yang berguna buat kita juga. Contoh kecil, kita bisa memantau keadaan lalu lintas melalui Google Maps secara real time. Itu berkat data yang dikumpulkan dari kita juga. Android bisa sampai secanggih seperti sekarang juga boleh dibilang karena kita juga.
Lalu, seberapa seringkah kalian mencari informasi-informasi melalui Google? Di era modern saat ini, mungkin kita tidak akan bisa menghindari pemakaian internet seperti Google ini. Dan tidak bisa dipungkiri kalau Google juga merekam dan memantau aktivitas kita saat melakukan browsing di internet.
Sangat wajar, jika para pengguna layanan Google pun punya perasaan cinta sekaligus benci. Kalian mungkin merasa sedikit cemas mengenai seberapa banyak informasi tentang kamu yang dikumpulkan Google. Tentu saja hidup itu penuh dengan pilihan, kita juga bisa memutuskan untuk tidak berbagi data. Setidaknya bisa sedikit mengurangi jejak digital dan informasi kita di Google dengan mengikuti beberapa langkah berikut:
1. Pertama, kalian kunjungi halaman myactivity.google.com untuk menemukan data dan riwayat penelusuran Google. Lebih baik tandai sebagai bookmark untuk memudahkan bersih-bersih secara rutin.
2. Kemudian Masuk/Login dengan akun Google, pilih data yang ingin dilihat. Di situ kalian dapat melihat berdasarkan grup atau item. Lebih lanjut kalian juga bisa melihat aktivitas Google lainnya. Jangan ragu untuk bereksplorasi disana.
Rivaldi48
3. Dari menu tersebut, kalian bisa memilih opsi apa yang ingin dilihat, seperti aktivitas aplikasi dan web, aktivitas suara dan audio, informasi perangkat, riwayat penelusuran lokasi, serta video YouTube yang kalian tonton atau dicari.
4. Setelah kalian memilih salah satu data yang ingin dilihat, perhatian dengan teliti, informasi apa saja yang diambil oleh Google tentang kalian. Apakah informasi tersebut perlu disimpan atau dihapus. 
5. Jika kalian ingin data dan informasi tersebut dihapus, kalian klik pilihan "Hapus aktivitas menurut". Selanjutnya kamu bisa menghapus berdasarkan topik atau produk.
Rivaldi48
Rivaldi48
Rivaldi48
6. Kalian bisa menentukan seberapa banyak informasi yang ingin dihapus. Kalian juga bisa memilih berdasarkan harian (today, yesterday) atau waktu lebih spesifik dengan memilih advanced untuk mingguan, bulanan bahkan selamanya (4 weeks, all time). 
7. Dengan begitu, semua yang terhubung dengan akun Google (Gmail) akan terhapus seperti riwayat penelusuran, aktivitas unduhan, dan video-video YouTube yang kalian tonton.
Jadi kalian tidak perlu cemas lagi soal privasi kalian. Seperti yang Admin jelaskan diatas, sebaiknya kalian bookmark myactivity.google.com agar tidak perlu repot-repot menulis link tersebut di kolom URL. Mungkin masih banyak pengguna yang tidak mengetahui bahwa semua aktivitas internet dan ber-smartphone kamu dipantau oleh Google. Memang informasi yang dikumpulkan digunakan untuk meningkatkan layanan yang ujung-ujungnya untuk memanjakan kita semua.
Tapi, penting juga kalian untuk mengetahui dan mengatur apa saja yang boleh dan tidak boleh dikumpulkan oleh Google. Cara di atas mungkin sedikit membingungkan, tapi cukup mudah untuk dicoba.
Semoga bermanfaat~

25 comments

  1. Baru tahu saya kalau selain di histori, ternyata google juga menyimpannya di myactivity. Informasinya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Ini yg gw cari 😁 thanks mz .

    ReplyDelete
  3. Wah mudah2n aja google bisa dipercaya gan, sangat bermanfaat artikelnya, makasih gan

    ReplyDelete
  4. Wiiikeren om...
    Anr coba praktekin yahh

    ReplyDelete
  5. Cocok nih buat menghilangkan jejak ane yg sering ditinggal tanpa sepengetahuan,thanks infonya gan :D

    ReplyDelete
  6. wah sangat bermanfaat gan infonya

    ReplyDelete
  7. Luar Biasa, bahkan Google udah Memperhatikan aktivitas kita sampai se-details2 nya :v

    TAPI, klo buat iseng2 juga bisa nih.. Buat liat history Google teman/pacar :p

    ATAU, buat orang tua agar lebih mudah mengawasi apa saja yang di-search anaknya :D

    ReplyDelete
  8. makin mantab aja google, teknologi yang diberikan sangat bermanfaat kepada penggunanya, terima kasih gan infonya

    ReplyDelete
  9. Google emang raksasa internet terhebat dan sangat detail

    ReplyDelete
  10. wahh makasih gan. nformasi yang sangat perlu di simak : hienzominato

    ReplyDelete
  11. infonyaa mantap penampilan blog nya juga mantap gan

    ReplyDelete
  12. Ijin praktek ya mas , bermanfaat ni

    ReplyDelete
  13. Wah saya tambah pengetahuan mengenai Google nih setelah baca artikel ini. thanks gan bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  14. hmm... menarik juga nih..
    btw antara history.google.com dengan https://myactivity.google.com/myactivity apa saling terhubung atau beda gan?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon