Sunday, July 16, 2017

8 Fitur Google Maps Yang Harus Kamu Tahu!

Google Maps Apps
Kamu mungkin pernah janjian untuk bertemu teman ke sebuah acara yang lokasinya tidak kamu ketahui. Kamu harus menunggu dirumah karena teman kamu yang akan menjemput. Saat ditanya, teman kamu bilang “lagi dijalan”, nyatanya teman kamu tak kunjung datang ke rumah. Kejadian ini mungkin sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Disinilah peran Google Maps untuk membagikan lokasi secara real-time dan juga petunjuk perjalanannya.

Google Maps merupakan salah satu platform yang sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini. Peta digital tersebut bisa menampilkan keadaan lalu lintas secara real-time dan juga memberikan petunjuk jalan yang akurat.

Adapun 8 Fitur Google Maps yang harus kamu tahu. Apa saja fitur tersebut? Berikut sedikit ringkasan dari Admin Rivaldi48.

1. Google Maps Dapat Menyimpan dan Membagikan Tempat Favorit
Sekarang pengguna Google Maps bisa menyimpan daftar tempat favorit dan membagikannya ke siapapun. Dengan fitur ini, pengguna bisa menandai tempat-tempat tertentu yang dirasa ingin dikunjungi lagi atau ingin memberikan rekomendasi kepada siapapun. Ketika pengguna membagikan daftar ini kepada temannya, maka si penerima bisa melihat lokasi-lokasi dari daftar lokasi yang dikirimkan.
Rivaldi48
Rivaldi48

2. Bisa Memesan Layanan Transportasi Online
Untuk memudahkan pengguna dalam menentukan lokasi penjemputan ketika memesan transportasi online, Google Maps kini terintegrasi dengan layanan Uber, Grab, Go-Jek dan transportasi online lainnya di Indonesia. Untuk melakukan pemesanan, pengguna cukup membuka Google Maps dan kemudian pilih lokasi tujuan perjalanan. Setelah itu, klik 'Directions' dan lihat informasi transportasi online di tab paling kanan.
Rivaldi48
Disitu kamu bisa melihat ada informasi waktu tempuh dan tarif transportasi online ke lokasi tujuan. Pengguna bisa memesan kedua layanan tersebut tanpa harus keluar dari aplikasi Google Maps.

3. Memberikan Informasi Jadwal Transit Bus Secara Real-Time
Apabila kamu tidak ingin menggunakan transportasi online dan lebih memilih transportasi umum seperti bus, Google Maps juga menyediakan informasi yang sangat membantu. Di dalam platform-nya, Google Maps menyediakan informasi jadwal transit bus secara real-time, sehingga membuat perjalanan kamu menjadi lebih terencana dan teratur. Selain itu, Google Maps juga memberikan rekomendasi rute dan biaya yang harus dikeluarkan ketika kamu naik bus. Untuk menggunakan fitur ini, langkahnya sama dengan ketika melakukan pemesanan layanan transportasi online di Google Maps, bedanya di sini kamu memilih tab dengan icon kereta api.
Rivaldi48

4. Memberikan Informasi Seputar Titik Keramaian di Lokasi Tujuan Tentu fitur ini sangat membantu kamu untuk yang ingin berpergian ke suatu tempat bersama teman-teman, baik restoran, lokasi wisata, maupun mal. Pengguna bisa mengecek timing puncak keramaian di suatu tempat. Misalnya, kamu pilih satu cafe di Google Maps, kemudian lihat informasi rincinya yang akan menampilkan titik ramai restoran tersebut di jam berapa saja. Selain itu, fitur ini juga menampilkan jadwal tempat tersebut buka. Sebagai contoh, Admin screenshoot sebuah lokasi:
Rivaldi48
Disana tampak kalau lokasi tersebut tidak terlalu ramai oleh pengunjung.
Rivaldi48
Dari gambar diatas, disana ada jadwal pukul berapa saja tempat tersebut buka dan tutup. Serta tersedia juga situs web dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

5. Pencarian Lokasi Sesuai Kategori pada Peta Offline
Saat kamu ingin berpergian, jangan lupa untuk mengunduh peta offline dari lokasi yang dikunjungi. Hal ini dapat membantu kamu di perjalanan jika tiba-tiba saja kamu kehilangan sinyal internet dan mau tak mau harus mengakses Google Maps secara offline. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan pencarian tempat di Google Maps sesuai kategori, mulai dari restoran, cafe, hingga tempat wisata. File unduhan tergantung lokasi yang ingin di kunjungi. Sebagai contoh Admin berikan screenshoot seperti dibawah ini:
Rivaldi48
6. Peta dalam Ruangan
Pengguna bisa melakukan pembesaran gambar (zoom) di peta lokasi yang di tuju dan melihat ada apa saja di dalam tempat tersebut. Selain pusat perbelanjaan, Google Maps untuk pemetaan di dalam ruangan juga mencakup Bandar Udara Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Center, hingga Museum Nasional.  Sebagai contoh Admin berikan screenshoot  denah ruangan dari Transmart:
Rivaldi48
7. Rekomendasi Tempat Makan dan Cafe (Khusus ponsel Android)
Fitur ini ditujukan bagi kamu yang sering bingung ketika menentukan tempat makan, entah itu bersama teman atau pacar, Google Maps memberikan rekomendasi tempat makan dan juga cafe terdekat untuk sekadar nongkrong. Namun, tidak hanya tempat makan dan cafe, dalam fitur ini juga bisa dilihat rekomendasi seperti mesin ATM dan SPBU terdekat dari lokasi kamu.
Rivaldi48
8. Informasi Sehari-hari di Halaman Utama Google Maps (Khusus ponsel Android)
Untuk membuka informasi sehari-hari, seperti transportasi umum, rekomendasi tempat, dan keadaan lalu lintas, kamu bisa melihatnya sekaligus di halaman awal Google Maps. Untuk melihatnya, kamu bisa menggeser ke atas bagian bawah dari Maps yang menampilkan icon tempat, bus, dan kereta.
Rivaldi48
I
Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca artikel 8 Fitur Google Maps Yang Harus Kamu Tahu! ini. Gabung juga di Channel BBM Rivaldi 48. Ada banyak informasi penting lainnya yang tidak saya publikasikan website Rivaldi 48 ini. Join di Channelnya dengan kode PIN: C004C7E92. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada.

Terima Kasih...

13 comments

  1. Replies
    1. ya gan.. google gakmau kalah mungkin sama aplikasi lainnya😂

      Delete
  2. canggih , tapi kalo pas eror daerahnya jadi acak acakan saya pernah eror hasilnya kebalik semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo memgalami hal serupa, coba hapus data gan..

      Delete
  3. ternyata banyak fiturnya yah mas kirain ane cuma buat liat map ajh hehe...

    ReplyDelete
  4. Google maps merupakan aplikasi map terbaik menurut saya.

    ReplyDelete
  5. sayangnya msih ada yang blm di perbaharui tempatnya

    ReplyDelete
  6. Wah, ane baru tau ni, mantap gan,.

    ReplyDelete
  7. makasih gan, nambah pengetahuan ane

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon