Thursday, April 2, 2020

Tutorial Membuat Aplikasi Kamus dengan Android Studio

Tutorial Membuat Aplikasi Kamus dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Kamus dengan Android Studio
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه sobat 48😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Kamus dengan Android Studio. Tutorial ini bisa kamu kerjakan sembari mengisi waktu saat WFH agar WFH kamu lebih berfaedah ya sobat😄

Selain itu, tutorial ini bisa kamu pakai juga buat skripsi bagi yang membutuhkannya, silahkan kamu kembangkan lagi. Tutorial ini sederhana tetapi mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kalian ya. Untuk kamu yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Tapi, jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya.

2. Kamu import beberapa library ke gradle :
Source : build.gradle

3. Kamu ubah juga isi Android Manifest.xml menjadi seperti link dibawah ini :
Source : Android Manifest.xml

4. Sekarang kamu buat menu utama untuk menampilkan kosakata dari database kamus. Buat activity_main.xml, content_main.xml, nav_header_main.xml dan MainActivity.java.
Source : activity_main.xml, content_main.xml, nav_header_main.xml dan MainActivity.java

5. Sekarang kamu buat menu splash untuk menu pertama kali sebelum masuk ke menu utama. Buat activity_splash.xml dan SplashActivity.java.
Source : activity_splash.xml dan SplashActivity.java

6. Buat menu Adapter. Menu ini berguna untuk menampilkan data ke MainActivity. Buat item_kamus.xml dan KamusAdapter.java.
Source : item_kamus.xml dan KamusAdapter.java

7. Buat menu Fragment yang pertama. Menu ini berisi terjemahan dari bahasa Indonesia ke Inggris. Buat fragment_indonesia_inggris.xml dan FragmentIndonesiaInggris.java.
Source : fragment_indonesia_inggris.xml dan FragmentIndonesiaInggris.java

8. Buat menu Fragment yang kedua. Menu ini berisi terjemahan dari bahasa Inggris ke Indonesia. Buat fragment_inggris_indonesia.xml dan FragmentInggrisIndonesia.java.
Source : fragment_inggris_indonesia.xml dan FragmentInggrisIndonesia.java

9. Sekarang kamu Class database Helper untuk memanggil database kamus. Buat DatabaseContract.java, DatabaseHelper.java dan KamusHelper.java.
Source : DatabaseContract.java, DatabaseHelper.java dan KamusHelper.java

10. Berikutnya kamu buat Class Model. Class ini berfungsi untuk mengimplementasikan apa saja yng ingin kamu tampilkan nanti. ModelKamus.java :
Source : ModelKamus.java

11. Lalu buat Class Preference. Class ini untuk menampilkan data sementara hasil pencarian di menu search. PreferencesManager.java :
Source : PreferencesManager.java

12. Terakhir kamu buat menu drawer. Menu ini untuk melengkapi MainActivity. main_drawer.xml :
Source : main_drawer.xml

13. Selesai dan kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Support Blog Rivaldi 48 agar terus bisa membagikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan cara klik link Sociabuzz dibawah ini :
https://sociabuzz.com/azharrvldi_/donate (bisa pakai GoPay, OVO, DANA, Bank Transfer)

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Kamus dengan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

9 comments

  1. Maaf gan, mau tanya
    Saya udh ikutin semuanya dri awal, pas dijalankan juga gk ada error, tpi setelah splashscreen dia keluar gtu aja. Gk tau dmna salahnya
    Ohiya raw nya itu bntuk file kan ya?
    Bisa ksh solusinya gan?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilihat log erornya, saya bukan dukun mas yg bisa baca error dari jauh

      Delete
    2. Nah masalahnya errornya gk ada gan

      Delete
    3. kalo gitu belajar debugging biar tau errornya dimana

      Delete
    4. Oke gan, udah bisa
      Makasih...

      Delete
  2. assalammualaikum, sore bg izin bertanya saya sudah mengikuti langkah" dari tutorial nya hanya saja ada eror di bagian findbyid(R.raw...), nah saya mau bertanya untuk dapatkan dataset rawnya gimana yah bg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah saya kasih link source codenya.. dibaca pelan2 artikel ini

      Delete
    2. assamualaikum, izin bertanya , saya sudah mengikuti langkah2 nya, bagian findbyid(R.raw...) , nah untuk ganti isi dari file raw nya dengan bahasa daeah saya gimaan caranya ?saya coba rumah file raw nya, tapi pas di jalan kan tidak mau berubah

      Delete
    3. setelah ubah file rwanya, uninstal dulu apknya. clean project, baru run lagi. semoga membantu

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon