Wednesday, April 3, 2019

Tutorial Membuat Aplikasi OCR Reader dengan Android Studio

OCR Reader
OCR Reader
Halo sobat 48😁 kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi OCR Reader dengan Android Studio. Apa itu OCR?

OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk menscan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi. Text yang di scan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode.

Contoh pengunaan :
Riwayat kerja Pegawai Negeri. Setiap Pegawai Negeri mempunya arsip sendiri 2x, dokument kenaikan pangkat, dokument kenaikan gaji, dokument pindah alamat kerja dan lain sebagainya. Dengan mengunakan scanner dan OCR semua ini dapat disimpan dengan mudah dikomputer, lalu atasan dapat dengan mudah melihat arsip pegawainya hanya dengan mencari dokument tersebut melalui nama depan atau belakang.

Jika penggunaan dari contoh diatas menggunakan software dari Microsoft, kali ini saya akan buatkan versi Android. Jadi kalian bisa menggunakan OCR dimana pun dan kapan pun. Jika kalian ingin mencoba membuat aplikasi menggunakan sample ini, berikut admin berikan Video Tutorialnya:


Gimana setelah melihat video preview diatas? Apa kalian tertarik? Untuk SOURCE CODE kalian bisa download di Github saya DISINI. Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya.

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi OCR Reader dengan Android Studio ini. Subscribe juga di blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

4 comments

  1. Tanya bang, kalau saat detect text baru, text sebelumnya tidak hilang, bagaimnakah?

    ReplyDelete
  2. Boleh minta cp atau emailnya? Saya mau minta tolong dibuatkan OCR untuk kartu keluarga ke form excell

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih lanjut, silahkan email ke azharrivaldi.ar@gmail.com

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon