Monday, May 13, 2024

Tutorial Membuat Aplikasi Tuntunan Shalat dengan Flutter

Tutorial Membuat Aplikasi Tuntunan Shalat dengan Flutter
Tutorial Membuat Aplikasi Tuntunan Shalat dengan Flutter
Halo sobat 48 😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Tuntunan Shalat dengan Flutter.

Aplikasi ini berisikan enam menu yang menjelaskna bagaimana cara dan bacaan shalat wajib maupun sunnah. Tutorial ini saya buat dan saya bagikan dalam bentuk beberapa Part ya. Disini nantinya akan saya buat tiga Part.

Jika kalian ingin SOURCE CODE sample aplikasi ini, silahkan download di GITHUB saya DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai. Tapi rekomendasi dari saya ditonton ya Video Tutorialnya agar kalian lebih paham.

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke PART 1:

#TUTORIAL PART 1

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

1. Seperti biasa, buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ New Project Flutter. Ingat, jangan langsung Run atau Copy Paste Source Code dari saya. Disini saya menggunakan Android Studio versi Iguana.

2. Import beberapa Library dan Assets ke pubspec.yaml.
Source : pubspec.yaml

3. File Assets yang ditambahkan.
Source : assets file

4. Ubah isi main.dart yang sebagai Class utama.
Source : main.dart

5. Buat Class home_page.dart yang sebagai Menu Utama.
Source : home_page.dart

6. Buat Class Model Home. Buat model_home.dart.
Source : model_home.dart

7. Buat Class page_wudhu.dart yang sebagai Menu Wudhu.
Source : page_wudhu.dart

8. Buat Class Model Wudhu. Buat model_wudhu.dart.

9. Buat Class page_tayammum.dart yang sebagai Menu Tayammum.
Source : page_tayammum.dart

10. Buat Class Model Tayammum. Buat model_tayammum.dart.

#TUTORIAL PART 2

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

1. File Assets yang ditambahkan.
Source : assets file

2. Ubah Class home_page.dart yang sebagai Menu Utama.
Source : home_page.dart

3. Buat Class page_shalat_fardu.dart yang sebagai Menu Shalat Fardu.
Source : page_shalat_fardu.dart

4. Buat Class Model Shalat Fardu. Buat model_shalat_fardu.dart.

5. Buat Class page_shalat_sunnah.dart yang sebagai Menu Shalat Sunnah.
Source : page_shalat_sunnah.dart

6. Buat Class Model Shalat Sunnah. Buat model_shalat_sunnah.dart.

#TUTORIAL PART 3

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

1. File Assets yang ditambahkan.
Source : assets file

2. Ubah Class home_page.dart yang sebagai Menu Utama.
Source : home_page.dart

3. Buat Class page_qashar_jamak.dart yang sebagai Menu Shalat Jamak dan Qashar.
Source : page_qashar_jamak.dart

4. Buat Class page_shalat_saat_sakit.dart yang sebagai Menu Shalat Saat Sakit.

Selesai dan coba kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Support Blog Rivaldi 48 agar terus bisa membagikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan cara klik link Sociabuzz dibawah ini :
https://sociabuzz.com/azharrvldi_/donate (bisa pakai GoPay, OVO, DANA, Bank Transfer)

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Tuntunan Shalat dengan Flutter ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_


#tuntunansholat #tuntunanshalat #belajarsholat #belajarshalat #tutorialflutter #tutorialandroid

0 Comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.