Saturday, July 2, 2022

Tutorial Membuat Aplikasi Kompres Gambar dengan Android Studio

Tutorial Membuat Aplikasi Kompres Gambar dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Kompres Gambar dengan Android Studio
Halo sobat 48 😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Kompres Gambar dengan Android Studio.

Sebenarnya untuk kompres gambar ini saya ambil sedikit dari https://github.com/zetbaitsu/Compressor. Hanya saja, saya buat lebih sederhana agar lebih mudah digunakan. Selain itu, dengan mengikuti dan menggunakan Source Code yang saya bagikan, kalian bisa kompres gambar dengan ukuran 20 MB lebih tanpa mengurangi kualitas gambar asli. Sedangkan dengan Library tersebut terdapat limit.

Jadi, nantinya aplikasi memiliki 2 ImageView (Image Insert & Image Compress) dan 3 Button (Insert Image, Compress Image & Custom Compress). Masing-masing Button memiliki fungsinya tersendiri ya. Untuk Custom Compress, itu bisa kalian atur sesuai keinginan di Source Code-nya. 

Buat kalian yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Seperti biasa, buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya. Ingat, jangan langsung Run atau Copy Paste Source Code dari saya, pasti akan terjadi error jika beda versi Gradle dan beda versi Android Studionya. Untuk tutorial ini, saya buat dengan bahasa Kotlin ya.

2. Kemudian kalian import beberapa library ke gradle:
Source : build.gradle

3. Jangan lupa tambahkan beberapa Permission ke Android Manifest:
Source : AndroidManifest.xml

4. Buat Class Main sebagai Class utama untuk menampilkan Daftar Menu. Buat activity_main.xml dan MainActivity.kt.
Source : activity_main.xml dan MainActivity.kt

5. Buat Class untuk Utils. Buat CompressImage.ktAppDatabase.kt dan ImageUtil.kt.

6. Selesai dan coba kalian Run. Namun jika mengalami Error, silahkan tonton video tutorialnya agar lebih jelas apakah ada yang kurang atau tidak.

Support Blog Rivaldi 48 agar terus bisa membagikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan cara klik link Sociabuzz dibawah ini :
https://sociabuzz.com/azharrvldi_/donate (bisa pakai GoPay, OVO, DANA, Bank Transfer)

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Kompres Gambar dengan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

0 Comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.