Thursday, July 15, 2021

Tutorial MVVM Fast Android Networking | Android Studio

Tutorial MVVM Fast Android Networking
Tutorial MVVM Fast Android Networking
Halo sobat 48 😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial MVVM Fast Android Networking dengan Android Studio.

Untuk sampel aplikasi MVVM ini saya buatkan aplikasi Quotes Anime. Untuk data API saya ambil DISINI. Jadi, aplikasi ini akan menampilkan kutipan-kutipan dari karakter anime. Kalian juga bisa cari nama karakter atau judul anime.

Karena hasil data kutipan menggunakan bahasa inggris, disini saya juga sediakan fitur untuk translate dan juga fitur copy. Untuk fitur translate, bisa kalian pelajari juga dari artikel saya DISINI.

Buat kalian yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Seperti biasa, buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya. Ingat, jangan langsung Run atau Copy Paste Source Code dari saya, pasti akan terjadi error jika beda versi Gradle dan beda versi Android Studionya. Untuk tutorial ini, saya buat dengan bahasa Kotlin ya.

2. Kemudian kalian import beberapa library ke gradle:
Source : build.properties dan build.gradle

3. Jangan lupa tambahkan beberapa Permission ke Android Manifest:
Source : AndroidManifest.xml

4. Buat Class Main sebagai Class utama untuk menampilkan quotes random. Buat activity_main.xml dan MainActivity.kt.
Source : activity_main.xml, dan MainActivity.kt

5. Buat Class Search sebagai Class untuk menampilkan quotes berdasarkan inputan nama karakter atau judul anime. Buat activity_search.xml dan SearchActivity.kt.
Source : activity_search.xml, dan SearchActivity.kt

6. Buat Class Fragment sebagai Class untuk menampilkan quotes yang diterjemahkan. Buat fragment_translate.xml dan FragmentTranslate.kt.
Source : fragment_translate.xml, dan FragmentTranslate.kt

7. Buat Class Adapter. Buat list_item_quotes.xml dan QuotesAdapter.kt.
Source : list_item_quotes.xml, dan QuotesAdapter.kt

8. Buat Class Model. Buat ModelQuotes.kt.
Source : ModelQuotes.kt

9. Buat Class ViewModel karena disini saya menggunakan pattern MVVM. Buat QuotesVewModel.kt.
Source : QuotesVewModel.kt

10. Terakhir buat XML untuk Toolbar. Buat toolbar_main.xml.
Source : toolbar_main.xml

Support Blog Rivaldi 48 agar terus bisa membagikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan cara klik link Sociabuzz dibawah ini :
https://sociabuzz.com/azharrvldi_/donate (bisa pakai GoPay, OVO, DANA, Bank Transfer)

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial MVVM Fast Android Networking ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

0 Comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.