Tuesday, April 13, 2021

Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio

Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio
Halo sobat 48 😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Apalagi sekarang lagi bulan puasa, jaga kesehatan kalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio.

Sebelumnya saya sudah pernah membuat tutorial yang sama disini https://rivaldi48.blogspot.com/2020/01/Tutorial-Membuat-Aplikasi-Berita-Indonesia-dengan-Android-Studio.html, tetapi tidak saya kasih penjelasan. Untuk yang sekarang ini, saya kasih penjelasan pada Video Tutorial. Tentunya dengan library yang terbaru dan juga tampilan yang lebih keren.

Oh ya, sebelumnya saya menggunakan Fast Android Networking untuk Rest API dan bahasa Java. Tetapi yang sekarang saya menggunakan Retrofit dan bahasa Kotlin. Data aplikasi berita ini saya ambil dari API News API. API ini bersifat publik dan gratis. Jadi, kalian buat akun dulu disana untuk mendapatkan API KEY.

Pada sampel aplikasi berita ini, saya menyematkan beberapa topik berita antara lain:
  • Berita Utama / Headlines
  • Berita Olahraga
  • Berita Teknologi
  • Berita Bisnis
  • Berita Kesehatan
  • dan Berita Hiburan
Fitur:
  • Menggunakan Retrofit untuk Rest API
  • Menggunakan Glide untuk menampilkan gambar
  • Menggunakan Webview untuk Menampilkan Berita
  • Menggunakan Chip NavigationBar
  • Pencarian Berita
  • Menggunakan Bahasa Kotlin
  • Bisa Bagikan Berita
  • Lottie Animation
Menurut saya aplikasi ini bisa dijadikan bahan untuk skripsi😁. Jika kalian ingin SOURCE CODE sample aplikasi ini, silahkan download di GITHUB saya DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai. Tapi rekomendasi dari saya ditonton ya Videonya agar kalian lebih paham.

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Seperti biasa, buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya. Ingat, jangan langsung Run atau Copy Paste Source Code dari saya, pasti akan terjadi error jika beda versi Gradle dan beda versi Android Studionya. Untuk tutorial ini, saya buat dengan bahasa Kotlin ya.

2. Kemudian kalian import beberapa library ke gradle:
Source : build.properties dan build.gradle

3. Jangan lupa tambahkan beberapa Permission ke Android Manifest:
Source : AndroidManifest.xml

4. Buat Class Main sebagai Class utama yang menampilkan Fragment Berita. Buat activity_main.xml dan MainActivity.kt.
Source : activity_main.xml, dan MainActivity.kt

5. Buat Class Detail sebagai Class untuk menampilkan detail Berita. Selain bisa membaca berita, di Class ini kalian juga bisa membagikan Berita tersebut. Buat activity_detail_news.xml dan DetailNewsActivity.kt.
Source : activity_detail_news.xml, dan DetailNewsActivity.kt

6. Buat Class Adapter Berita. Buat list_item_news.xml dan NewsAdapter.kt.
Source : list_item_news.xml, dan NewsAdapter.kt

7. Buat Class Fragment. Disini ada 6 Fragment Berita yang menggunakan satu XML. Karena isinya sama, hanya berbeda kategori di Class-nya jadi XML-nya saya jadikan satu. Buat  fragement_news.xml, FragmentBusiness.kt, FragmentEntertaiment.kt, FragmentHeadline.kt, FragmentHealth.kt, FragmentSports.kt dan FragmentTechnology.kt.

8. Buat Class Fragment untuk pencarian berita. Buat fragment_search.xml dan FragmentSearch.kt.
Source : fragment_search.xml, dan FragmentSearch.kt

9. Buat Class Model sebagai POJO. Buat ModelArticle.kt dan ModelNews.kt.
Source : ModelArticle.kt dan ModelNews.kt

10. Buat Class Networking untuk API. Buat ApiEndpoint.kt dan ApiInterface.kt.
Source : ApiEndpoint.kt dan ApiInterface.kt

11. Buat Class Utils untuk konvert jam dan tanggal serta untuk mendapatkan ID Country. Buat Utils.kt.
Source : Utils.kt

12. Buat Folder menu didalam folder res. Kemudian XML dengan nama bottom_menu.xml, XML ini untuk menampilkan Tab di menu utama. 
Source : bottom_menu.xml

13. Selesai dan coba kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Support Blog Rivaldi 48 agar terus bisa membagikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan cara klik link Sociabuzz dibawah ini :
https://sociabuzz.com/azharrvldi_/donate (bisa pakai GoPay, OVO, DANA, Bank Transfer)

Berikut ini hasilnya:
Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio
Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Berita dengan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

4 comments

  1. gan, saya ingin bertanya perihal error pada

    class NewsAdapter(private val modelArticles: MutableList, private val context: Context) :
    RecyclerView.Adapter() {

    Unresolved reference: ViewHolder

    Btw apakah ada yg kurang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ditonton videonya, jangan terpaku sama source code yg saya kasih

      Delete
  2. gan, bisa kah dibuatkan tutorialnya source beritanya mengmabil dari rss feed?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon