Thursday, June 25, 2020

Tutorial Membuat Aplikasi Pemutar Musik dengan Android Studio

Tutorial Membuat Aplikasi Pemutar Musik dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Pemutar Musik
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه sobat 48😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Pemutar Musik dengan Android Studio. Nantinya sampel aplikasi ini akan menampilkan Daftar Lagu dan Detail Lagu. Selain itu, kita bisa memutar lagu tersebut secara online. Dan Cover lagu bisa bergerak seperti JOOX, keren kan😄

Data lagunya saya ambil dari API https://animemusic.us/listmusic dan ini sebagai detailnya https://animemusic.us/jsongetid/{id} berdasarkan ID lagu. Jika kalian rasa sampel yang saya buatkan terlalu sederhana, silahkan kalian ubah sekeren dan sebagus mungkin dengan data API tersebut.

Sampel aplikasi ini juga bisa kalian gunakan untuk bahan skripsi bagi yang membutuhkannya. Untuk kamu yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Seperti biasa, buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya.

2. Kemudian kamu import library Fast Android Networking untuk Rest API, CircleImageView, CircularProgressBar dan Glide ke gradle :
Source : build.gradle

3. Kamu tambahkan Permission Internet ke AndroidManifest.xml:
Source : AndroidManifest.xml

4. Berikutnya kamu buat Class Utama untuk menampilkan daftar lagu. Buat activity_list_lagu.xml, toolbar_main.xml dan ListLaguActivity.kt.
Source : activity_list_lagu.xml, toolbar_main.xml dan ListLaguActivity.kt

5. Buat Class Detail untuk menampilkan detail lagu berdasarkan ID. Buat activity_detail_lagu.xml dan DetailLaguActivity.kt.
Source : activity_detail_lagu.xml dan DetailLaguActivity.kt

6. Buat Class Adapter yang pertama untuk menampilkan data ke menu utama. Buat item_list_music.xml dan ListLaguAdapter.java.
Source : item_list_music.xml dan ListLaguAdapter.java

7. Buat Class Model sebagai Class POJO. Buat ModelListLagu.kt.
Source : ModelListLagu.kt

8. Yang terakhir buat Class Api untuk mengambil endpoint. Buat Api.kt :
Source : Api.kt

9. Selesai dan kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Pemutar Musik dengan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

24 comments

  1. Izin rebuild, dan terima kasih source code nya gan :)

    ReplyDelete
  2. req aplikasi lokasi pakek flutter gan

    ReplyDelete
  3. jika ingin menambah lagunya gimana broo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gakbisa bro wkwk, itu datanya dari api bukan file manager

      Delete
  4. mas gan, klo req apps dengan api jg buat sndiri mas gan :) salam mas Gan, tetap sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya gan, jdi ini pake/cari API yg open public aja ya gan, gan klo ini misal mau coba bikin project dgn interaksi web servicenya build sndiri dan app interfacenya(apk) jg build sndiri gitu ada refrensinya gak gan.. salam gan :)

      Delete
    2. coba cari2 di github atau youtube dengan keyword yg dimaksud

      Delete
  5. Replies
    1. ya kan di artikel udah dijelasin, makanya dibaca. itu api public

      Delete
  6. numpang nanya gan ..
    var strId: String? = null

    @JvmField
    var strJudulMusic: String? = null

    @JvmField
    var strNamaBand: String? = null

    @JvmField
    var strCoverLagu: String? = null

    ini dapet dari API mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan yg jawabannya sudah ada di artikel. jelas2 sumber apinya udah ada

      Delete
  7. Izin sedot gan, buat belajar hhe;

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon