Sunday, May 31, 2020

Tutorial Membuat Report PDF dengan Android Studio

Tutorial Membuat Report PDF dengan Android Studio
Tutorial Membuat Report PDF dengan Android Studio
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه sobat 48😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Report PDF dengan Android Studio. Untuk sampelnya, disini saya membuat aplikasi pemesanan kopi.

Buat kamu yang lagi WFH, tutorial ini bisa kamu kerjakan sembari mengisi waktu saat WFH agar WFH kamu lebih berfaedah ya sobat😄. Untuk kamu yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya.

2. Kemudian kamu import library Google Material ke gradle :
Source : build.gradle

3. Kamu tambahkan beberapa Permission ke AndroidManifest.xml:
Source : AndroidManifest.xml

4. Berikutnya kamu buat Class Main untuk menampilkan menu utamanya dan untuk membuat Report PDF-nya. Buat activity_main.xml dan MainActivity.java.
Source : activity_main.xml dan MainActivity.java

5. Kemudian yang terakhir, kamu tambahkan string ke strings.xml untuk menampilkan pilihan saat muncul spinner.
Source : strings.xml

6. Selesai dan kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Report PDF dengan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

2 comments

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon