Monday, April 20, 2020

Tutorial Membuat Image Slider dengan Android Studio

Tutorial Membuat Image Slider dengan Android Studio
Tutorial Membuat Image Slider dengan Android Studio
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه sobat 48😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Banner Slider dengan Android Studio atau banyak yang menyebutnya Tutorial Membuat Image Slider dengan Android Studio.

Tutorial ini bisa kamu kerjakan sembari mengisi waktu saat WFH agar WFH kamu lebih berfaedah ya sobat😄. Untuk kamu yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya.

2. Kemudian kamu import library Glide ke gradle :
Source : build.gradle

3. Kamu ubah juga isi Android Manifest.xml menjadi seperti link dibawah ini :
Source : Android Manifest.xml

4. Sekarang kamu buat menu utama untuk tampilannya. Buat activity_main.xml, layout_banner.xml, layout_kategori.xml dan MainActivity.java.
Source : activity_main.xml, layout_banner.xml, layout_kategori.xml dan MainActivity.java

5. Sekarang kamu buat Class Fragment untuk letak image slider. Buat fragment_banner_slider.xml dan FragmentSlider.java.
Source : fragment_banner_slider.xml dan FragmentSlider.java

6. Lalu buat Class Adapter. Class ini berguna untuk mengatur posisi Image Slider / Banner Slider tersebut. Buat SliderPagerAdapter.java :
Source : SliderPagerAdapter.java

7. Sekarang kamu buat Class untuk mengatur letak indicator dan animasi bergeraknya. Buat SliderIndicator.java dan BannerSlider.java.
Source : SliderIndicator.xml dan BannerSlider.java

8. Selesai dan kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Image Slider dengan Android Studio atau Tutorial Membuat Banner Slider dengan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

12 comments

  1. gan bikin tutorial kalau slidernya di clik pindah ke detail acivity dong, please

    ReplyDelete
  2. Apa itu bisa ditambahin pull refresh atau swipe down to refresh? karena terakhir sy bikin, indikator (gambar) malah dobel setelah di refresh gan. makasih

    ReplyDelete
  3. Tutor buat bannernya tanpa library pribadi gimana?

    ReplyDelete
  4. permisi mas di glide bagian fragment eror ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. errornya apa? saya bukan dukun mas yg bisa baca error dari jauh

      Delete
  5. itu caranya biar bannernya di slide kekiri kanan gimana ya ?? di atas slide auto

    ReplyDelete
  6. CARA GANTI GAMBAR SLIDERNYA GIMANA GAN

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon