Wednesday, July 3, 2019

Beginilah Cara Cek Tingkat Radiasi Semua Merk Smartphone

Beginilah Cara Cek Tingkat Radiasi Semua Merk Smartphone
Tingkat Radiasi Smartphone
Halo sobat 48😁 kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas Cara Cek Tingkat Radiasi Semua Merk Smartphone. Beberapa waktu yang lalu di grup Komunitas Android Indonesia sedang ramai membahas hal ini. Awalnya ada salah satu member yang dipostingannya mengaku menggunakan smartphone Xiaomi dengan tipe Mi A1. Ia membagikan sebuah screenshot jumlah nilai radiasi pada smartphone miliknya. Menurut member yang lain yang mengomentari postingannya, Xiaomi dengan tipe ini memang memiliki tingkat radiasi yang cukup tinggi, dan digadang-gadang dapat menimbulkan kanker otak loh!

Menurut artikel yang saya baca, sebagian hasil penelitian mengungkapkan bahwa ponsel memancarkan radiasi karena gelombang radio yang mampu merusak DNA. Tetapi, hingga kini belum ada bukti spesifik yang mampu membuktikan bahwa paparan radiasi smartphone bisa menyebabkan kanker. Kalian bisa menghitung jumlah nilai SAR (Specific Absorption Rate) untuk mengetahui tingkat radiasi smartphone. Nilai SAR adalah nilai dimana tingkat radiasi atau gelombang elektromagnetik yang ada pada smartphone. Smartphone terdiri dari pemancar dan penerima radio agar mampu beroperasi pada jaringan nirkabel.

Federal Communications Commision (FCC) di Amerika Serikat menetapkan tingkat standar SAR adalah 1.6 W/Kg untuk smartphone. Berarti smartphone yang memiliki tingkat radiasi di bawah 1.6 W/Kg dianggap tidak mengancam dan membahayakan. Sebenarnya, kalian bisa melihat dibalik kemasan smartphone untuk mengetahui tingkat radiasi SAR smartphone kalian. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan cara lain untuk memeriksa tingkat SAR dengan memeriksanya di situs produsen smartphone yang kalian gunakan.

Pada umumnya, kalian bisa menggunakan cara praktis seperti ini, tekan dial *#07# di smartphone. Maka nanti informasi mengenai SAR smartphone kalian akan muncul, dan itulah nilai SAR yang ditetapkan dari pabrik smartphone kalian. Semakin rendah nilai SAR smartphone, maka semakin baik smartphone tersebut. Untuk saat ini, kebanyakan smartphone memiliki nilai SAR dalam tingkat yang rendah yaitu berkisar antara 0.5 sampai 0.6. Selain itu, kalian bisa menghindari paparan radiasi dengan menggunakan earphone atau headset saat melakukan panggilan dan membatasi penggunaan perangkat mobile.

Lalu bagaimana jika smartphone kalian tidak bisa menggunakan dial *#07# ? Nah, disini saya akan memberi tahu bagaimana cara cek tingkat radiasi smartphone kalian jika tidak bisa melalui dial *#07#.

1. Sony
Untuk smartphone dengan merk Sony, kalian bisa cek DISINI.

2. Samsung
Untuk smartphone dengan merk Samsung, kalian bisa cek DISINI.

3. Xiaomi
Untuk smartphone dengan merk Xiaomi, kalian bisa cek DISINI.

4. Apple
Untuk smartphone dengan merk Apple, kalian bisa cek DISINI.

5. LG
Untuk smartphone dengan merk LG, kalian bisa cek DISINI.

6. Huawei
Untuk smartphone dengan merk Huawei, kalian bisa cek DISINI.

7. Nokia
Untuk smartphone dengan merk Nokia, kalian bisa cek DISINI.

Oke sepertinya cuma itu yang saya tahu, jika kalian ingin menambahkan lagi silahkan berikan di komentar ya. Agar nanti saya sunting artikel ini dengan menambahkan link yang kalian tahu😁

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Beginilah Cara Cek Tingkat Radiasi Semua Merk Smartphone. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat saya update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram saya @azhardvls_

0 Comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.