Saturday, November 13, 2021

Tutorial Membuat Aplikasi Al-Qur’an Android Menggunakan Android Studio

Tutorial Membuat Aplikasi Al-Qur'an Android
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه sobat 48😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Al-Qur'an Android menggunakan Android Studio.

Sebenarnya saya sudah pernah membagikan tutorial ini, hanya saja terlau sederhana dan menggunakan library yang usang atau versi lama. Jadi, ini adalah update-nya. Selain saya update, saya juga menambahkan menu untuk menampilkan Jadwal Sholat dan Masjid Terdekat.

Dengan satu aplikasi ini, kalian bisa mendapatkan banyak fitur. Ada Al-Qur'an, ada Jadwal Sholat dan Masjid Terdekat. Oh ya, untuk menampilkan Maps kalian harus membuat API KEY terlebih dahulu ya. 

Untuk kamu yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Jika kalian ingin melihat demo aplikasinya, berikut ini saya berikan Video demonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Seperti biasa, buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya. Ingat, jangan langsung Run atau Copy Paste Source Code dari saya, pasti akan terjadi error jika beda versi Gradle dan beda versi Android Studionya. Untuk tutorial ini, saya buat dengan bahasa Kotlin ya.

2. Kemudian kalian import beberapa library ke gradle:
Source : build.gradle

3. Jangan lupa tambahkan beberapa Permission ke Android Manifest:
Source : AndroidManifest.xml

4. Buat Class Main sebagai Class utama untuk menampilkan daftar 114 surah Al-Qur'an. Buat activity_main.xml dan MainActivity.kt.
Source : activity_main.xml dan MainActivity.kt

5. Buat Class Masjid sebagai Class untuk menampilkan masjid terdekat berdasarkan lokasi kita berada. Buat activity_masjid.xml dan MasjidActivity.kt.
Source : activity_masjid.xml dan MasjidActivity.kt

6. Buat Class Detail sebagai Class untuk menampilkan ayat-ayat dan keterangan surah yang dipilih. Buat activity_detail.xml dan DetailActivity.kt.
Source : activity_detail.xml dan DetailActivity.kt

7. Buat Class Fragment sebagai Class untuk menampilkan jadwal sholat berdasarkan kota yang dipilih. Buat fragment_jadwal_sholat.xml dan FragmentJadwalSholat.kt.
Source : fragment_jadwal_sholat.xml dan FragmentJadwalSholat.kt

8. Buat Class Main Adapter. Buat list_item_surah.xml dan MainAdapter.kt.
Source : list_item_surah.xml, dan MainAdapter.kt

9. Buat Class Detail Adapter. Buat list_item_ayat.xml dan DetailAdapter.kt.
Source : list_item_ayat.xml, dan DetailAdapter.kt

10. Buat Class Model Main. Buat DaftarKota.ktModelAyat.kt dan ModelSurah.kt.

11. Buat Class Model Nearby. Buat ModelGeometry.ktModelLocation.kt dan ModelResults.kt.

12. Buat Class Model Response. Buat ModelResultNearby.kt.

13. Buat Class Networking. Buat ApiInterface.ktApiMaps.kt dan ApiService.kt.

14. Buat Class Utils. Buat ClientAsyncTask.kt.

15. Buat Class ViewModel. Buat MasjidViewModel.kt dan SurahViewModel.kt.

16. Buat XML Toolbar untuk menampilkan lokasi kita berada. Buat toolbar.xml.
Source : toolbar.xml

17. Selesai dan coba kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Support Blog Rivaldi 48 agar terus bisa membagikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan cara klik link Sociabuzz dibawah ini :
https://sociabuzz.com/azharrvldi_/donate (bisa pakai GoPay, OVO, DANA, Bank Transfer)

Untuk hasilnya, nanti akan seperti ini :
Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android Menggunakan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android
Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android Menggunakan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android
Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android Menggunakan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

67 comments

  1. permisi gan, masukin kode iklan inters & banner nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di google banyak gan caranya. sesuaikan sama layoutnya saja

      Delete
  2. Cara membuat layout agar menjadi perhalaman bagimana ya?

    ReplyDelete
  3. mohon versi bahasa javanya juga 🙏🏻 . saya saya gak bisa pake bahasa kotlin

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya hanya ada kotlin, karna java terlalu panjang gan

      Delete
  4. bang pasang google api keysnya dimna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di video sama source codenya udah jelas banget padahal

      Delete
  5. bro ada wa ngak kalau gue mau les dengan dengan agan bisa ngak

    ReplyDelete
  6. gan... ada error nih..

    e: C:\Users\Radium\AndroidStudioProjects\quran\app\src\main\java\com\radium\quran\activities\DetailSurahActivity.kt: (43, 22): Unresolved reference: AyatAdapter

    solusinya gimana yh?mksh

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. wa saya hanya untuk jasa aplikasi, bukan untuk tanya2. untuk tanya2 bisa dm IG atau PM di Fb

      Delete
  8. Gan, ini marker masjidnya gak muncul gimana yak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udahhh.. API KEY MAPS SDK,sama PLACES SDK

      Delete
    2. trus permission lokasi udah dinyalain?

      Delete
    3. Udah gan,,Maps udah nyala semua
      tapi marker masjid terdekatnya aja yang gaada..

      Delete
    4. senasib dengan bro Dyo, ada pencerahan ga bang azhar?

      Delete
  9. gan coba buat aplikasi doa harian dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ditunggu ya gan, soalnya buat project saya :)
      ntar saya like semua video agan dan saya subscribe hehe

      Delete
  10. gan mau nanya lagi nih
    saya niru kodingan agan ini ke project aplikasi zikir saya gan, kira" bisa ga ya gan? saya gamau pake API bisa kan gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa dong, kamu buat string aja datanya. buka satu2 ayatnya, copy ke string

      Delete
  11. bang kenapa ya pas dibuka memu emulator aplikasi telah berhenti, kira kira masalahnya apa itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan dukun yg bisa baca error tanpa sebab, baca LOGCAT

      Delete
  12. Bang kalo bikin aplikasi alquran berapa bang

    ReplyDelete
  13. muncul notifikasi:
    The 'kotlin-android-extensions' Gradle plugin is deprecated. Please use this migration guide (https://goo.gle/kotlin-android-extensions-deprecation) to start working with View Binding (https://developer.android.com/topic/libraries/view-binding) and the 'kotlin-parcelize' plugin.
    pada build.gradle

    ReplyDelete
  14. kak.buatin tutor aplikasi AL QUR'AN ini tapi versi sketchware dong kak.suka sama fitur nya tapi kl mau bikin harus pake android studio.sedangkan saya sedang latihan menggunakan sketchware di android karena nggak ada perangkat pc hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya gakbisa nerima request Anda karna saya bukan user sketchware

      Delete
  15. ikon serche-nya kok tidak berfungsi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang sengaja, biar situ ngembangin. jgn maunya cuma run aja ya

      Delete
  16. mantap bang tetap semangat dan terus kreatif dan inovatif....

    ReplyDelete
  17. Bang bikin apk nya itu berapa ya, tolong DM di Telegram : @GUNADHARMA_9.
    Tolong segera ya Bang.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Bang tolong dikasih keterangan file itu dipasang di activity main xml atai di main activity, berikut dibagian mana mana nya Bang, biar mudah dan jelas untuk yang benar benar masih mulai dari NOL BESAR tapi ingin bisa (seperti aku ini baaang.)
    Salam sehat selalu ya Bang.

    ReplyDelete
  19. bang desain bg.detail dan bg main . pakai apa bang??

    ReplyDelete
  20. saya minta wa nya gan, sya butuh jasanya , jadi nnti saya bayar

    ReplyDelete
  21. saya error di SimpleLocation, gmn cara ngatasinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil ditonton videonya ya, ada import tambahan di gradle

      Delete
  22. bang base_url googleapis itu ambil yang mana ya? maaf masih pemula

    ReplyDelete
  23. maaf bang... scrptnya dah banyak deprecated nya seperti onactivitiresult

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gapapa, disini kan saya cuma buatkan tutorial. untuk selebihnya situ kembangin lagi^^

      Delete
  24. gan, kalo nambahin api keynya di file apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. source codenya gak diperhatiin kah? apa cuma asal copy paste?

      Delete
  25. Gan, mau tanya kalo master data alquran (latin, terjemahan bhs indonesia, dan audio ) agan punya kah?

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. kenapa? takut error? belajar ngoding kok takut sama error..

      Delete
  27. Gan, yang tutorial pakai java ada nggak?

    ReplyDelete
  28. gan mau nanya, saya sudah impor source kodenya, tapi ada error di sini
    > Could not find method plugins() for arguments [build_jdsg8ni41jl7i1e0pyz5miox$_run_closure2@653c1748] on task ':clean' of type org.gradle.api.tasks.Delete.
    saya sudah mencoba memperbaikinya, class delete , tapi ngga bisa diedit.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon