Monday, September 18, 2017

Cara Cek Kekuatan dan Keamanan Password

Cara Cek Kekuatan dan Keamanan Password
Cek Kekuatan Password
Berikut ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang Cara Cek Kekuatan dan Keamanan Password. Alasan saya membuat artikel ini karena saya menerima tugas dari mata kuliah Keamanan Komputer, dosen menyuruh saya dan kawan-kawan saya untuk mencari bagaimana cara mengetahui kekuatan dan keamanan dari password yang kita gunakan. Dosen pun memberi tahu situs-situs apa saja yang harus kami jadikan referensi.

Inilah daftar situs untuk memeriksa kekuatan dan keamanan password :

1. Gibson Research Corporation
Cara Cek Kekuatan dan Keamanan Password
www.grc.com/haystack
Yang pertama adalah https://www.grc.com/haystack.htm. Dosen saya menyarankan untuk menggunakan situs ini. Karena situs ini akan memberi tahu seberapa kuat dan tahan lama password yang kita buat. Caranya mudah, cukup kalian ketikan password yang menurut kalian rumit. Jika kalian menuliskan password berisi simbol, huruf besar (Uppercase), huruf kecil (Lowercase), dan angka, maka icon yang berwarna merah akan berubah menjadi hijau. Dan di tabel akan memunculkan seberapa lama dan kuat password yang kalian buat.

2. Pengukur.com
Cara Cek Kekuatan dan Keamanan Password
Pengukur.com
Yang kedua adalah situs http://pengukur.com/mengukur-kekuatan-password.htm. Situs ini juga cukup baik untuk memberi tahu seberapa kuat password yang kita buat. Kalian cukup mengisi kolom password dengan password yang menurut kalian sulit. Jika password yang kalian buat amat sangat sulit, maka score yang muncul 100% dan tabel dibawahnya akan memberikan penjelasannya.

3. How Secure is My Password
Cara Cek Kekuatan dan Keamanan Password
How Secure is My Password
Yang terakhir adalah situs https://howsecureismypassword.net. Disini kalian bisa langsung mengetikkan password yang menurut kalian sulit. Jika sudah, maka akan muncul penjelasan seberapa kuat dan tahan lama password yang kalian buat.

Memang sih, kalau membuat password tidak boleh sembarangan, apalagi yang mudah diingat. Nah, kalau pun membuat password-nya yang agak rumit juga kan kita bisa lupa😁 Tapi, justru password yang rumit itulah yang sangat disarankan oleh siapapun. Masalah lupa atau tidaknya, bila perlu kalian catat saja biar tidak lupa. Benar kan?😄

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Cara Cek Kekuatan dan Keamanan Passwordini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

14 comments

  1. wah keren juga ya
    jadi bisa milih pasword mana yang susah di bobol :D

    ReplyDelete
  2. ternyata password ane kuat banget gan

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada juga yah cara ceknya baru tahu saya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru tau gan, makanya saya bikinin artikel😁

      Delete
  4. Bermanfaat banget bro, makasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  5. Wah dengan ini urusan password makin tambah aman dan lebih susah untuk dibobol.... :) Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan buat antisipasi biar gak gampang di hack😁

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Gunakan bahasa yang bijak dan santun. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon